Sabtu, 27 Juli 2013

Alur Penerimaan CPNS Tahun 2013

Kita berharap sistem CAT yang diterapkan pemerintah pada proses rekruitmen CPNS dilakukan secara transpran. Sistem CAT harus bisa menjawab keraguan agar tidak terjadi lagi korupsi, kolusi, dan nepotisme (KKN) dalam rekrutmen PNS. Bahkan, kasus-kasus penipuan orang yang sudah mengeluarkan uang untuk bisa lolos seleksi CPNS bisa dicegah.
Badan Kepegawaian Negara (BKN)
CAT (Computer Assisted Test)Sistem CAT (Computer Assisted Test)
MENURUT rencana, selepas lebaran nanti proses pendaftaran CPNS mulai dibuka, dan dipastikan seleksi CPNS untuk tahun ini berbeda dengan tahun sebelumnya. Tahun ini proses seleksinya akan menggunakan sistem CAT (Computer Assisted Test). Untuk proses rekruitmen, Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi telah menggandeng Badan Kepegawaian Negara (BKN).
Saat ini di kantor pusat BKN sudah tersedia dua CATstation berkapasitas 140 komputer. Sementara di daerah sudah ada 600 komputer yang tersebar di 12 kantor regional, masing-masing 50 komputer. Kanreg meliputi Yogyakarta, Surabaya, Bandung, Makassar, Jakarta, Medan, Palembang, Banjarmasin, Denpasar, Manado, Pekanbaru, dan Jayapura. Dengan menggunakan sistem CAT, berarti pelaksanaan tes tidak dilakukan secara massal atau massif. Misalnya, instansi yang hanya memiliki 100 unit komputer bisa melaksanakan tes untuk 500 orang setiap hari dengan lima sesi, atau 3.000 peserta dalam seminggu khusus yang enam hari kerja. Inilah bedanya tes menggunakan sistem CAT dengan tes tahun-tahun sebelumnya yang dilakukan secara massal dengan kapasitas ruangan besar dan banyak. Selain menggunakan sistem CAT, pemerintah juga konsisten menerapkan ketentuan bagi daerah untuk tidak melakukan rekruitmen CPNS jika belanja APBD nya di atas 50 persen.
Kita berharap sistem CAT yang diterapkan pemerintah pada proses rekruitmen CPNS dilakukan secara transpran. Sistem CAT harus bisa menjawab keraguan agar tidak terjadi lagi korupsi, kolusi, dan nepotisme (KKN) dalam rekrutmen PNS. Sistem CAT juga harus memudahkan peserta seleksi CPNS mengakses informasi menyangkut dirinya. Ini penting, mengingat pola rekrutmen tahun sebelumnya sangat tertutup. Jika seleksi CPNS dilakukan secara transparans, maka dengan sendirinya kasus penerimaan CPNS yang berpotensi menciptakan KKN bisa diminimalisir. Bahkan, kasus-kasus penipuan orang yang sudah mengeluarkan uang untuk bisa lolos seleksi CPNS bisa dicegah.
Computer Assisted Test (CAT)
Menurut BKN (Badan Kepegawaian Negara), Computer Assisted Test (CAT) adalah suatu metode seleksi dengan alat bantu komputer yang digunakan untuk mendapatkan standar minimal kompetensi dasar bagi pelamar CPNS. Standar kompetensi dasar CPNS (Calon Pegawai Negeri Sipil) diperlukan untuk mewujudkan profesionalisme PNS (Pegawai Negeri Sipil), dan CAT dipercaya bisa menjamin standar kompetensi dasar CPNS dalam TKD (Tes Kompetensi Dasar).
Maksud dan Tujuan CAT
  1. Mempercepat proses pemeriksaan dan laporan hasil ujian;
  2. Menciptakan standarisasi hasil ujian secara nasional;
  3. Menetapkan standar nilai.
Keunggulan dan Manfaat Penggunaan CAT
  1. Peserta tes dapat mendaftarkan melalui internet;
  2. Peserta tes dapat dinilai langsung sesuai dengan hasil yang diperoleh;
  3. Komputer menyediakan keseluruhan materi soal Kompetensi Dasar (Tes Pengetahuan Umum, Tes Bakat Skolastik dan Tes Skala Kematangan);
  4. Penilaian dilakukan secara obyektif;
  5. Peserta ujian dapat mengakses dengan mudah terhadap pencapaian hasil (skor) yang diperoleh.
Alur Rekrutmen dan Seleksi
Alur Rekruitmen dan Seleksi

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar